Keuntungan Pakai Kartu Kredit untuk Modal Usaha

Sudah sejak lama, kartu kredit menjadi salah satu pilihan fleksibel untuk pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis. Sebenarnya, selain kartu kredit, kamu juga bisa mengajukan pinjaman ke pinjaman online ataupun pinjaman khusus UKM di perbankan. Namun, keduanya punya tantangan tersendiri.

Pinjam di pinjaman online, jika tidak berhati-hati dan terkena pinjol ilegal, bukan tak mungkin malah terperangkap bunga tinggi. Apalagi jika kamu telat bayar, dendanya juga cukup besar. Alhasil kamu bisa terjerat hutang dengan nominal berkali kali lipat dari jumlah awal yang kamu ajukan.  

Sedangkan pinjaman dana UMKM di perbankan seringkali memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Hal ini juga membuat proses pencairan dana jadi lebih lama dari proses pengajuan pinjaman lainnya. Belum lagi ada prosedur survey dan lainnya.

Untuk itu, kartu kredit bisa kamu ajukan untuk mendapatkan pinjaman cepat agar modal usaha dan perputaran uang berjalan dengan lancar. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan kartu kredit sebagai modal usaha:

1.  Tenor Pinjaman Pendek

Kebanyakan kartu kredit menawarkan jangka cicilan yang tidak panjang, yaitu hingga 36 bulan. Hal ini bisa membuat cash flow kamu lekas terbebas hutang. Apalagi jika kamu melakukan pembayaran dengan tertib sebelum jatuh tempo.

Jadi, pastikan pilih bisnis yang sudah kamu kuasai sebelum menggunakan kartu kredit untuk modal usaha ya. Minimal kamu bisa mengantisipasi dan menentukan langkah ke depan saat akan menjalankan bisnis. Dengan begitu kamu bisa menentukan pemasukan yang datang dengan masa jatuh tempo.

2.     Mudah dan Fleksibel

Kamu bisa melakukan transaksi dimana saja dengan mudah. Jadi untuk mendapat pinjaman atau untuk membayar barang, kamu tak perlu lagi ke bank untuk menunggu pinjaman disetujui setelah diajukan. Gesek langsung aja, atau transaksi via online, kamu bisa langsung dapat barang  yang diinginkan setelah itu.

Gampang banget kan? Inilah salah satu kelebihan dari kartu kredit. Transaksi kamu lebih mudah dan sangat fleksibel. Setelah itu, kamu tinggal puterin barang jadi cash lagi dan bayar tagihan deh. Setidaknya, kamu bisa lebih cepat bertransaksi dan mendapatkan barang jika menggunakan kartu kredit. Tak perlu khawatir dengan bunga, sebab kamu malah bisa mendapatkan bunga 0 persen jika membayar tepat waktu.

3.     Memanfaatkan Promo Kartu Kredit

Setiap kartu kredit biasanya punya promo dan cashback menarik. Jadi, jika kamu memilih kartu kredit yang tepat, kamu bisa mendapat keuntungan dengan memanfaatkan promo yang ada. Misalnya nih waktu belanja barang untuk dijual lagi, kamu bisa dapat cashback dengan minimal belanja sekian. Untungnya dobel kan?

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan promo lainnya di bidang kuliner hingga belanja fashion. Nah, selanjutnya adalah pinter-pinternya kamu aja nih mau manfaatin promo apa enggak. Tapi jangan terlalu tergoda juga ya. Pastikan promo yang mau kamu ambil itu benar-benar cocok buat usaha kamu. Soalnya, kadang kita terlalu keras mengejar promo, ujung-ujungnya malah nggak kepake. Kalo gini sih bukannya untung malah buntung. Jadi, kamu harus menghitung dengan teliti berapa jumlah yang akan kamu hemat dengan promo yang ada dan seberapa efektif transaksi yang akan dilakukan. Jangan sampai mengganggu cash flow keuangan bisnis kamu.

4.     Fasilitas yang Memudahkan

Selain promo, kartu kredit juga punya banyak fasilitas yang akan memudahkan kamu seperti pembayaran tagihan bulanan dalam satu pintu.

Belum lagi fasilitas lainnya seperti gratis asuransi dan kemudahan pembayaran online maupun pembayaran luar negeri. Nah, hal ini bisa menjadi peluang bisnis baru yang menguntungkan seperti bisnis jasa pendaftaran ads google, pembayaran langganan Netflix hingga bisnis jastip. Kemudahan fasilitas lainnya seperti lounge yang disediakan khusus bagi pemegang kartu kredit. Tentu ini bakal memanjakan kamu saat bepergian.

Kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas poin dan reward yang bakal didapatkan setiap kali transaksi dilakukan. Pada beberapa kartu kredit, poin ini bisa ditukarkan dengan hadiah menarik atau digabungkan dengan promo lainnya. Menarik bukan?

Mengetahui Resiko Kartu Kredit untuk Modal Usaha

Hal yang paling penting jika kamu akan mengajukan kartu kredit untuk modal usaha, ketahui resikonya ya. Sebab seperti yang kita tahu, meminjam untuk sesuatu yang tak pasti bakal mendatangkan resiko tersendiri. Apalagi, jika kamu mengandalkan kartu kredit untuk memulai usaha. Ini bukan hal yang ringan. Sebab pemasukan bisnis tak menentu.

Beberapa hal yang perlu diwaspadai seperti biaya bulanan, biaya keterlambatan, denda, dan lain-lain. Jika kamu tidak bijak, biaya-biaya tersebut akan terus bertambah dan makin membebanimu. Alhasil kamu malah harus menyiapkan dana lagi diluar penghasilan bisnis untuk menutup hutang. Jadi hindari membayar lewat dari tenggat waktu ya.

Selain mendapat biaya tambahan, membayar kartu kredit lewat jatuh tempo juga akan membuat kamu dapat skor kredit buruk. Hal ini bakal berdampak padamu di masa yang akan datang. Sebab bank pasti cenderung memilih nasabah yang punya skor kredit baik dalam memberikan pinjaman.

Sebaiknya kamu menggunakan kartu kredit untuk mengembangkan bisnis kamu. Sebab risiko cukup tinggi jika dipakai untuk memulai usaha. Memang ada salahnya dengan memilih hal ini, namun kamu perlu berhati-hati dan pilih kartu kredit yang tepat untuk kebutuhan kamu. Nah, agar dapat kartu kredit yang sesuai, bandingkan dulu tiap kartu kredit dan dapatkan yang cocok buat kamu di sini https://www.cekaja.com/kartu-kredit/